LATAR BELAKANG IDE/OBJEK BISNIS
LATAR BELAKANG IDE/OBJEK BISNIS
Nama : Theresia Oktavia
Br. Simanjuntak
NIM : 190304052
Kelas : Agribisnis
Hai, semua! Kembali lagi
^^
Kali ini
saya ingin membahas tentang bisnis. Bisnis itu seru, ya, apalagi kalau kita
sendiri yang mendirikan atau menjalani bisnis itu. Selain menikmati bisnis yang
kita lakukan tentunya kita mendapatkan penghasilan. Pertama, apa sih bisnis itu?
Bisnis
adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus mulai dari pengadaan
bahan baku, produksi, pemasaran dan distribusi sampai pada konsumen dalam
bentuk barang maupun jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan kemanfaatan.
Bisnis tidak bisa terlepas dari adanya dua unsur yaitu, subjek dan objek.
Subjek bisnis adalah pelaku bisnis itu sendiri meliputi pemerintah, pemilik
perusahaan, pemegang saham, manajer, karyawan, produsen, pemasok, distributor,
masyarakat, dan konsumen. Sedangkan objek bisnis adalah barang dan jasa yang menjadi
objek dari pelaku bisnis.
Nah,
saya sebagai subjek atau pelaku dari bisnis itu sendiri membutuhkan objek
bisnis agar bisnis yang saya rencanakan bisa terlaksana. Saya tertarik dengan
kopi. Kenapa? Karena saya suka kopi. Kopi tentunya bukan hanya satu rasa saja,
apalagi aromanya juga memiliki berbagai jenis. Membuka bisnis coffee shop tidak buruk juga kan?
Bisnis coffee shop (kedai kopi) di Indonesia cukup
banyak, mulai dari pelosok desa hingga perkotaan. Semakin meningkat usaha
bisnis kopi maka semakin meningkat juga jumlah masyarakat Indonesia yang
mengkonsumsi kopi. Jadi, walaupun coffee
shop sudah banyak sekali di Indonesia, saya tidak akan mundur untuk
menjalankan bisnis ini karena menurut riset yang telah dilakukan, masyarakat
penikmat kopi di Indonesia terus mengalami peningkatan secara drastis.
Semakin kesini, bisnis
kedai kopi di Indonesia tentunya tak lepas dari persaingan untuk menarik pelanggan
yang datang berkunjung dan menikmati kopi di kedai kopi mereka. Jadi, dalam
bisnis ini saya memiliki strategi agar pelanggan datang ke coffee shop saya. Untuk lokasi coffee shop yang ingin saya dirikan adalah di kota Rantauprapat, kampung saya. Disini banyak coffee shop tetapi menurut saya tidak terlalu berjalan dengan baik karena konsepnya yang biasa saja dan lokasinya yang tidak strategis. Dalam memilih lokasi, saya akan mendirikannya di tempat yang asri, tidak berada di pinggir jalan raya, dan memiliki lokasi yang luas sehingga memiliki indoor dan outdoor. Untuk target pemasaran saya adalah generasi millennial
atau para remaja atau kisaran umur 15-30 tahun. Strategi peningkatan bisnis
kedai kopi yang bisa saya terapkan seperti pemberian diskon dan voucher. Selain itu, saya juga memiliki ide
menyediakan buku-buku seperti novel fiksi, komik, atau buku-buku pengetahuan
yang menarik, juga menyediakan berbagai permainan yang bisa dimainkan di dalam coffee shop tersebut. Bukankah itu hal
yang menyenangkan?
Pastinya saya juga memberikan
promosi-promosi melalui jejaring media sosial untuk menarik perhatian calon
konsumennya. Tentunya strategi yang diterapkan semakin banyak pasti dapat
memberikan peluang bagi pemiliki kedai kopi dalam memenangkan persaingan bisnis
kedai kopi. Mungkin ide-ide lainnya akan muncul nanti. Semoga bisa tercapai,
AMIN.
Kira-kira seperti itulah
ide saya untuk bisnis ini, sederhana namun saya menyukainya. Apa yang kita
rencanakan itu adalah hal yang kita sukai, jadi kedepannya pun harus
bertanggung jawab atas apa yang dilakukan. Kalau
ide bisnis kalian apa?
Sekian dulu. Terimakasih.
Sampai jumpa lagi.
Love, Re ^^
Komentar
Posting Komentar