LATAR BELAKANG IDE/OBJEK BISNIS

 LATAR BELAKANG IDE/OBJEK BISNIS


Nama  : Theresia Oktavia Br. Simanjuntak

NIM    : 190304052

Kelas   : Agribisnis


Hai, semua! Kembali lagi ^^

Kali ini saya ingin membahas tentang bisnis. Bisnis itu seru, ya, apalagi kalau kita sendiri yang mendirikan atau menjalani bisnis itu. Selain menikmati bisnis yang kita lakukan tentunya kita mendapatkan penghasilan. Pertama, apa sih bisnis itu?

Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus mulai dari pengadaan bahan baku, produksi, pemasaran dan distribusi sampai pada konsumen dalam bentuk barang maupun jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan kemanfaatan. Bisnis tidak bisa terlepas dari adanya dua unsur yaitu, subjek dan objek. Subjek bisnis adalah pelaku bisnis itu sendiri meliputi pemerintah, pemilik perusahaan, pemegang saham, manajer, karyawan, produsen, pemasok, distributor, masyarakat, dan konsumen. Sedangkan objek bisnis adalah barang dan jasa yang menjadi objek dari pelaku bisnis.

Nah, saya sebagai subjek atau pelaku dari bisnis itu sendiri membutuhkan objek bisnis agar bisnis yang saya rencanakan bisa terlaksana. Saya tertarik dengan kopi. Kenapa? Karena saya suka kopi. Kopi tentunya bukan hanya satu rasa saja, apalagi aromanya juga memiliki berbagai jenis. Membuka bisnis coffee shop tidak buruk juga kan?

Bisnis coffee shop (kedai kopi) di Indonesia cukup banyak, mulai dari pelosok desa hingga perkotaan. Semakin meningkat usaha bisnis kopi maka semakin meningkat juga jumlah masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi kopi. Jadi, walaupun coffee shop sudah banyak sekali di Indonesia, saya tidak akan mundur untuk menjalankan bisnis ini karena menurut riset yang telah dilakukan, masyarakat penikmat kopi di Indonesia terus mengalami peningkatan secara drastis.

Semakin kesini, bisnis kedai kopi di Indonesia tentunya tak lepas dari persaingan untuk menarik pelanggan yang datang berkunjung dan menikmati kopi di kedai kopi mereka. Jadi, dalam bisnis ini saya memiliki strategi agar pelanggan datang ke coffee shop saya. Untuk lokasi coffee shop yang ingin saya dirikan adalah di kota Rantauprapat, kampung saya. Disini banyak coffee shop tetapi menurut saya tidak terlalu berjalan dengan baik karena konsepnya yang biasa saja dan lokasinya yang tidak strategis. Dalam memilih lokasi, saya akan mendirikannya di tempat yang asri, tidak berada di pinggir jalan raya, dan memiliki lokasi yang luas sehingga memiliki indoor dan outdoor. Untuk target pemasaran saya adalah generasi millennial atau para remaja atau kisaran umur 15-30 tahun. Strategi peningkatan bisnis kedai kopi yang bisa saya terapkan seperti pemberian diskon dan voucher. Selain itu, saya juga memiliki ide menyediakan buku-buku seperti novel fiksi, komik, atau buku-buku pengetahuan yang menarik, juga menyediakan berbagai permainan yang bisa dimainkan di dalam coffee shop tersebut. Bukankah itu hal yang menyenangkan?

Pastinya saya juga memberikan promosi-promosi melalui jejaring media sosial untuk menarik perhatian calon konsumennya. Tentunya strategi yang diterapkan semakin banyak pasti dapat memberikan peluang bagi pemiliki kedai kopi dalam memenangkan persaingan bisnis kedai kopi. Mungkin ide-ide lainnya akan muncul nanti. Semoga bisa tercapai, AMIN.

Kira-kira seperti itulah ide saya untuk bisnis ini, sederhana namun saya menyukainya. Apa yang kita rencanakan itu adalah hal yang kita sukai, jadi kedepannya pun harus bertanggung jawab atas apa yang dilakukan. Kalau ide bisnis kalian apa?

Sekian dulu. Terimakasih. Sampai jumpa lagi.

Love, Re ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN MEMANFAATKAN SISTEM INFORMASI DALAM MENGATASI PERMASALAHAN HIDUP SEHARI-HARI

Alasan Memilih Program Studi Agribisnis USU